TURUN MESIN Sebab Belah Mesin

TURUN MESIN Sebab Belah Mesin

-Hallo friends, Bengkel KPM, in the article you read this time with the title TURUN MESIN Sebab Belah Mesin, we have prepared this article well for you to read and retrieve the information therein.

Hopefully the content of article posts Analisa keluhan, which we write this you can understand. Alright, happy reading.

Title : TURUN MESIN Sebab Belah Mesin
link : TURUN MESIN Sebab Belah Mesin


READ AlSO


TURUN MESIN Sebab Belah Mesin

TURUN MESIN


Hallo, selamat pagi, sesi kali ini akan menjelaskan mengenai sebab belah mesin TURUN MESIN simak selengkapnya 



Pengertian bongkar mesin,turun mesin dengan belah mesin :

1.      Bongkar Mesin

Bongkar mesin merupakan koreksi motor yang tidak memerlukan turunnya mesin dari motor. Pengerjaan Bongkar Mesin meliputi pelepasan silinder dan atasan silinder, pelepasan besi sembrani atas bak mesin sebelah kiri, pelepasan komponen kopling dengan komposisi memompa mengambil oli. Pengerjaannya meluputi penggerebekan kerak pada ruang bakar, penggerebekan komposisi arus bakal bakar dengan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin jua kena jurus bersih-bersih.

2. Turun Mesin

Sekarang Turun Mesin, bertemu dengan namanya Turun Mesin mewajibkan mesin turun dari dekapan bagan motor. Dan penerjaan itu tidak dapat dilakukan andaikan mesin masih menempel di bagan motor. Umumnya turun mesin di lakukan akibat ada pengerjaan atas belahan antara mesin, seperti koreksi pada kruk-as, transmisi(girbox), ataupun penggantian as kick starter.



3.
Belah Mesin

Belah Mesin,istilah ini biasanya ada di dunia balap motor. Gunanya buat mengetahui daleman motor bertemu aturan balap ataupun tidak. Biasanya belah mesin dilakukan bagi pembalap yang juara 1 berbatas 5

Langkah Kerja :

1. siapin alat-alatnya

* kunci-kunci cagak seperlunya                                                                                

* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling

* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat ruang baut-baut yang terpisah

antara mesin belahan tengah-kiri, belahan atas, dengan bagian tengah-kanan

* bak ukuran alang sebanyak 4pcs — > fungsinya ruang komponen-komponen mesin

yang terpisah yaitu anggota mesin kiri,atas,kanan dan tengah

* bensin secukupnya buat nyuci anggota mesin

* lap secukupnya buat ngelap lengan kalo kotor, dengan anggota mesin bila perlu

* balok kayu cagak mesin kalo mesin udah diturunin

* kompresor, buat ngeringin anggota yang udah di bersihin pake bensin

* buku bimbingan

2. jalan pembeberan mesin abdi sarankan secara berurutan yaitu;

* mesin belahan kiri

o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater

* mesin belahan atas

o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,

 piston, blok silinder

* mesin belahan kanan

o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set

* mesin belahan tengah                                                                                                 

o komponennya al; baham transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

2.      jangan lupa kumpulkan baut – baut dengan anggota – anggota atas bak yang berbeda

3.       sesuai dengan kelompok belahan mesinnya agar pada detik penempatan kembali tidak salah

4.      setelah semua selesai di bongkar, bahwa lakukan eksplorasi pada setiap anggota

5.      secara berurutan lagi sekaligus bersihkan anggota yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang bejat dengan pisahkan atas bak yang berbeda

5. lakukan koreksi ataupun penggantian part yang rusak

6. kaum item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin merupakan ;

* gasket kit A ( paking top babak )

* gasket kit B ( paking full babak )

* oil seal selah

* oil seal alihan / persnelling

* oil seal gear

* oli mesin 1 liter

7. pastika semua anggota mesin bersih, akibat KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING di jalan bongkar mesin,

8. lakukan jalan perakitan secara berurutan lagi tetapi kebalikan dari jalan pembeberan yaitu dari antara – daksina – tempat – kiri

9. sehabis semua mesin terpasang, nir- lupa isikan oli sebanyak 1 liter

10. lakukan eksplorasi kebocoran oli atas semua bagian blok – blok mesin

Semoga bemanfaat.

Langkah-langkah menurunkan mesin :

1.Memastikan mesin dalam keadaan dingin

2.Mengeluarkan oli mesin Melepas oil di pstick. Melepas baut tap oli yang terletak

   disebelah kidal kolong mesin dengan menggunakan kunci cincin  17.                             

3.Mengeluarkan cairan radiator  Memastikan cairan radiator dalam keadaan dingin. Melepas 3

 baut pengikat cover radiator dengan menggunakan kunci sock 8  Melepas lem penjepit

 selang radiator yang berhubungan dengan tabung reservoir dengan membocorkan menutup radiator 

 Melepas baut tap air radiator dengan menggunakan kunci sock 10

4.Melepas semua sambungan kawat komposisi kelistrikan yang berhubungan dengan mesin

•Melepas konektor 2P sensor ECT

•Melepas menutup busi

•Melepas konektor 2P alternator 

•Melepas konektor 2P motor starter

•Melepas konektor kawat ignition pulse generator

•Melepas konektor 3 P SE thermal valve

TURUN MESIN

•Melepas baut dengan kawat masa

•Bebaskan kawat kabel (ignitionpulse genset , SE thermalvalve , motor starter) biar tidak mengganggu jalan menurunkan mesin

5.Melepas panel lantai

•Melepas 3 buah sekerup pengikat

•Bebaskan rear tabs side cover dengan aturan hebat belahan belakang side cover tempat akhirnya bebaskan 3 buah lower tab dibagian kolong dengan aturan hebat side cover sebelah bawah

•Bebaskan batas lower tabs yang terletak dibawah sebelah ambang dengan aturan hebat side cover ambang bawah

•Bebaskan 4 buah upper hooks dengan frot nupper tabs cover kebelakang

6.Melepas menutup bodi / cover body

•Melepas grap rail

Pergunakan kunci kontak untuk membocorkan sadel

Melepas2 buah baut pengikat

Melepas sadel

•Melepas batas center body cover 

Melepas 2 buah sekerup di rear side                                                                            

Melepas 3 buah sekeru pdi front side

Melepas 4 buah hooks dengan 4 buah tabs batas center body cover ke atas

•Melepas lug gage box

Melepas menutup radiator reserve tank

Melepas 4 buah baut

Melepas 2 buah sekerup rear side

Melepas sekerup di front side

Melepas lug gage box

•Melepas body cover 

Melepas sekerup

Melepas rear center body cover dengan menarik kebelakang dan bebaskan 2 buah hooks dari slot

Melepas seat lock cabel dari seat lock key cylinder dan holder 

Melepas konektor kombinasi lampu belakang 6 P

Melepas sekerup front side

Melepas sekerup dari kedua pillion step

TURUN MESIN

Melepas 4 buah sekerup di rear lower side

Melepas 2 buah baut pada upper rear side

Menarik front side body cover ke atas dan bebaskan 2 buah tabs dari slotnya  –hati sambil ditarik kebelakang

7.Mengendorkan sekerup plat pengikat dan melepas sambungan pipa udara terhadap cover  crankcase sebelahkiri

8 .Melepas pipa karet karburator dari plat pengikat pipa udara

9.Melepas selang pernafasan mesin dari klem pengikatnya

10.Melepas selang SASS dari pipa pen-suplay udara SASS

11.Melepas mur penyetel rem belakang dan pin penghubung dari kabel rem

12.Melepas pegas pengembali dari lengan rem

•Lepaskan sebagai berikut :-Fuel hose-Fuel auto valve vacuum hose-PAIR control valve vacuum hose

•Longgarkan lock nut (murpengunci) dan lepaskan throttle cable (kabel gas)

•Lepaskan throttle cable dari clamp.

•Lepaskan adjusting nut (mur penyetel) rem belakang dan joint pin (pin penyambung) dari brake cable (kabel rem)

•Lepaskan return spring (pegas pengembalian) dari brake arm (lengan rem).

•Lepaskan cable clamp bolt (baut klem kabel).

•Lepaskan rear brake cable dari cable Holder (pemegang kabel).

•Lepaskan baut-baut pemasangan Dan sok breker belakang.

•Dukung bagan di posisi tegak.

•Tahan gelindingan depan.

•Lepaskan nut (mur) dengan engine hanger linkbolt (baut penghubung penggantung mesin).

•Tarik mesin sedikit lurus kebelakang dan buang engine hanger link dari rangka

•Putar belahan belakang mesin ke kidal dengan buang mesin

•Lepaskan engine hanger link

MEMBONGKAR BAGIAN ATAS :

A.1--CYLINDER HEAD COVERCYLINDER HEAD COVER

•Lepaskan crankcase breather hose.

•Lepaskan special bolts (baut khusus),mounting rubbers dengan cylinder head cover.

•Lepaskan rubber seal dari cylinder headcover.

•Pemasangan anti dari caramembongkar

TURUN MESIN

•Posisi atribut “UP”pada seal menghadap keatas

•Torsi pengencangan baut 12 Nm.

A.2 – –CAM SHAFT / CYLINDER HEADCAM SHAFT / CYLINDER HEAD

•Putar crankshaft berlawanan arah jarum jamdengan menjalankan kick starter perlahan-lahan dan mentepatkan atribut “T”padaflywheel dengan atribut penunjuk padacrankcase kanan

•Pastikan bahwa piston berada atas TMA (Titik Mati Atas) atas langkah kompressi.

•Posisi ini bisa diperoleh dengan memastikan bahwa ada dispensasi atas rocker arm.

•Jika tidak ada kelonggaran, hal ini disebabkan bagi akibat piston bergerak melalui TMA atas langkah pembuangan.

•Putar crankshaft satu putaran penuh dengan menggunakan kick starter dengan menepatkan atribut “T”sekali lagi.

•Lepaskan sekrup dengan O-ring dari cam chain tensioner lifter

•Pasang special tool pada badan tensioner dengan putar toolsearah jarum jam berbatas ia berhenti berputar

•Tahan tensioner lifter dengan menekan tool sementaramentepatkan tabs (tonjolan) dari tool dengan alur-alurpada tensioner lifter

.•Lepaskan baut-baut cam sprocket dari decompressorweight

.•Lepaskan susunan decompressor weight.

•Ikat sehelai benang besi kepada cam chain untuk menjaga biar tidak jatuh ke di crankcase

•Lepaskan cam sprocket dari camshaft dengan cam chain dari cam sprocket.

•Lepaskan baut-baut cylinder head.

•Lepaskan mur-mur dan washers dari camshaft holder di arketipe bersilang di dua ataupun tiga langkah

•Lepaskan camshaft holder

•Lepaskan dowel pins dari cylinder head.

•Lepaskan cylinder head.

•Lepaskan gasket dengan dowel pins.

PISTON :

Cylinder bisa diservis dengan mesinterpasang atas rangka.

Lepaskan cylinder head

Lepaskan kaitan dari clip dan geserwater pipe (pipa air) ke di statorbase.

Lepaskan O-ring

.•Lepaskan cylinder.

•Lepaskan gasket dengan dowel pins.

•Bersihkan sisa-sisa bahan gasket dari permukaan penyatuan cylinder atas crankcase

TURUN MESIN

•Lepaskan piston pin clips dengan tang

.•Dorong piston pin keluar dari piston dengan connecting rod, akhirnya buang piston

•Renggangkan per piston ring dengan keluarkan dengan mengangkatnya ke tempat atas sebuah titik berlawanan dengan celah atas ujung-ujungnya.

•Bersihkan endapan karbon dari alur cincin dengan sebuah cincin bekas yang tidak dipakai lagi.

MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN KIRI :

A.1 – –CRANKCASE COVER . L / KICK STSRTERCRANKCASE COVER . L / KICK STSRTER

A. KICK STARTER /A. KICK STARTER /DRIVEDRIVE--DRIVEN PULLEY/CLUTCH DRIVEN PULLEY /CLUTCH

•Longgarkan band screw (sekrup pitapenjepit) dengan buang cairan duct (saluranudara) dari left crankcase cover (tutup kiribak mesin).

•Lepaskan crankcase breather drain hose(slang pembuangan/pernapasan bak mesin)dari hose clamp (klem slang).

•Lepaskan sebagai berikut:-Baut-baut cover-Carburetor drain hose clamp-Crankcase breather drain hose clamp-Rear brake cable clamp-Air vent hole cover

•Lepaskan left crankcase cover bersamadengan cairan management cover.

•Lepaskan kedua dowel pins, cover gasketdari left crankcase (bak mesin kiri)

•Bersihkan permukaan penyatuan gasket.

•Lepaskan cairan management cover

•Naikkan lock tabs dari left crank case cover plate dan buang sekrup

•Lepaskan kick starter driven gea rsementara memutar kickstarter spindle

•Lepaskan thrust washer.

•Sebelum melepaskan kick starter pedal,tandai pedal dan spindle untuk penempatan posisi penempatan yang tepat

.•Lepaskan baut dengan pedal kick starter

•Lepaskan dust seal (sil debu) dari left crank case cover.

•Lepaskan snap cincin dan washer darikickstarter spindle.

•Lepaskan kaitan dari return spring daripin atas crankcase cover.

•Lepaskan kickstarter spindle danreturn spring.

•Lepaskan spindle bushing dan collar                                                                                     

A.2 – –DRIVE PULLEYDRIVE PULLEY

Drive pulley bisa diservis dengan mesinterpasang atas rangka.

Lepaskan left crankcase cover 

Tahan drive pulley face dengan special tooldan longgarkan drive pulley face nut (mur muka drive pulley).

TOOL: Clutch center holder 

Lepaskan mur, washer, dengan drive pulleyface.

Geser drive belt cabut dari drive pulleyboss dengan menekan drive belt

Lepaskan movable drive face assembly sementara memegang bagian belakang dari face (ramp plate) dengan drive face boss.

Final Reduction :

•Final reduction bisa diservis dengan mesinterpasang atas rangka.

•Keluarkan oli belakang reduction

•Lepaskan sebagai berikut:

-Clutch/driven pulley

-Roda belakang

-Brake shoes (sepatu rem) belakang

•Lepaskan belakang reduction case breather hosedari final reduction case hose joint.

•Lepaskan baut-baut dengan belakang reduction case.

•Lepaskan dowel pins dengan gasket

.•Lepaskan sebagai berikut: 

-Counter gear 

-Final gear shaft

-Counter shaft

MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN KANAN :

A.1 – Radiator Cover

•Lepaskan ketiga baut dengan gerakkan radiator cover  ke depan.

•Lepaskan wire band boss dari radiator cover.                                                              26

•Lepaskan radiator cover dari radiator

A.2 – Radiator

•Keluarkan coolant

•Lepaskan radiator cover

•Lepaskan siphon hose dan water hoses (slang air) dari radiator.

•Lepaskan keempat baut/washer penempatan radiator, radiator top cover dengan radiator.

•Pemasangan merupakan dalam urutan bertentangan dari pelepasan.

•Isi dengan buanglah udara dari komposisi pendinginan Setelah pemasangan, pastikan bahwa tidak ada kebocoran coolant

A.3 – –COOLING FANCOOLING FAN

•Cooling fan (kipas pendingin) dapat diservis dengan mesin terpasang dirangka

.•Lepaskan radiator

 •Lepaskan ketiga baut dengan cooling fan.

•Pemasangan merupakan di urutan terbalik dari pelepasan.

•TORSI: COOLING FAN BOLT : 8 N.m(0,8 kgf.m, 5,9 lbf.ft)

A.4 – –RADIATOR RESERVE TANKRADIATOR RESERVE TANK

A. COOLING SYSTEMA. COOLING SYSTEM

•Lepaskan body cover

•Jepit siphon hose dengan menggunakan hose clamp(klem slang).

•Lepaskan siphon hose dari radiator.

•Lepaskan hose clamp dengan keluarkan coolant kedalam panci penampung.

•Lepaskan cadangan tank overflow hose.

•Lepaskan kedua baut dengan cadangan tank.

A.5 - Thermostat

•Keluarkan coolant

•Lepaskan radiator cover 

•Lepaskan water hoses dari thermostat.                                                                       

•Lepaskan kedua baut dengan thermostat.

•Lepaskan O-ring.

A.6 – –WATER PUMPWATER PUMP

•Water pump (pompa air) bisa diservis dengan mesin tercantum pada rangka.

•Keluarkan coolant

•Keluarkan oli mesin

•Lepaskan sebagai berikut:

•-Radiator  -Cooling fan •-Thermostart  -Right side cover 

•Lepaskan kedua baut, wire guide (pembimbingkawat) dan water pump cover.

•Lepaskan O-ring dari water pump cover.•Lepaskan dowel pins.

•Lepaskan clip dari water pipe dengan geser water pipe ke muka stator base

•Lepaskan sebagai berikut:

-Flywheel-Stator dengan ignition pulse generator 

-Woodruff key (spie)

•Lepaskan keempat baut dengan water pump/stator base.

•Lepaskan oil pump driven gear.

•Lepaskan water pump drive gear/oil pump shaft dan drive chain.

•Lepaskan water pump driven gear dari water pump shaft.

•Lepaskan dowel pins.

B.1 – –FLYWHEEL / STATORFLYWHEEL / STATOR

A.                ALTERNATORB. ALTERNATOR

•Lepaskan sebagai berikut: -Body cover -Radiator -Cooling fan-Thermostat

•Lepaskan baut-baut penempatan dengan rightside cover.

•Lepaskan kedua dowel pins.

•Tahan flywheel dengan special tool dan longgarkan flywheel nut.

•TOOL: Universal holder

 •Lepaskan flywheel nut dengan washer.

•Lepaskan flywheel dengan menggunakanspecial tool.

•TOOL: Flywheel puller

•Lepaskan benang besi alternator/ignition pulsegenerator dari wire bands dengan wire guides.

•Lepaskan baut, wire holder dengan lepaskanwire grommet dari crankcase kanan.

•Lepaskan kedua baut dengan babak plate dariignition pulse generator.

•Lepaskan ketiga socket bolts pemasangan,stator dan ignition pulse genset daristator base

•Lepaskan woodruff key (spie).

C.Pelumasan

C.1 – –POMPA OLI POMPA OLI

Ketika melepaskan oil pump, jangan membiarkan abu atau kotoran memasuki mesin.

Lepaskan water pump/stator base (dasar pompa air/stator)

Lepaskan kedua baut penempatan dengan oil pump.

MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN TENGAH :

A.    Poros Engkol

•Lepaskan kaitan dari center stand return spring(pegas pengembalian standard tengah).

•Lepaskan cotter pin, washer, pivot shaft (porossumbu) dan center stand

•Lepaskan baut, babak plate, spring dengan plunger dari crank case kanan

•Lepaskan baut-baut crankcase dari crank case kanan.

•Tempatkan crankcase dengan crankcase kiri menghadap ke bawah dan belah crankcase kidal dengan kanan.

•Lepaskan dowel pins dari crankcase kiri.

•Angkat cam chain independen dari timing sprocket pada crankshaft seperti gambar di samping

•Pegang cam chain independen timing sprocket danlepaskan crankshaft dari crankcase kiridengan menggunakan case puller (penarikbak mesin).

•Lepaskan cam chain.

•Lepaskan alas crankshaft kidal dengan menggunakan special tool.

•TOOL: Universal bearing puller

 •Lepaskan snap cincin dengan oil seal.

•Jika alas crankshaft kidal keteter di dalam crankcase,lepaskan dari muka kanan.

Sumber : http://smkn2bawangsonymotor.blogspot.com/2012/12/langkah-langkah-turun-mesin.html

Tips Bongkar Mesin motor corak Bebek 4 tak

Tips Bongkar Mesin motor corak Bebek 4 tak

Anda masih awam? Motor berisik nggakkaruan pengen tahu segala apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangansembarangan…!

sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya atas ilang… ada yangolinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..

nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya

  • kunci-kunci cagak seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • nampan kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat ruang baut-baut yang terpisah antara mesin belahan tengah-kiri, belahan atas, dengan belahan tengah-kanan
  • nampan ukuran alang sebanyak 4pcs — > fungsinya ruang komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu anggota mesin kiri,atas,kanan dengan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci anggota mesin
  • lap secukupnya buat ngelap lengan kalo kotor, dengan anggota mesin bila perlu
  • balok kayu cagak mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin anggota yang udah di bersihin pake bensin
  • buku bimbingan (catalog mesin) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tetapi tunggu yach… sabar!

2. jalan pembeberan mesin sayasarankan secara berurutan yaitu;

  • mesin belahan kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin belahan atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin belahan kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin belahan tengah
    • komponennya al; baham transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

3. nir- lupa kumpulkan baut – bautdan anggota – komponen atas bak yangberbeda bertemu dengan kelompok belahan mesinnya biar atas detik pemasangankembali tidak salah

4. sehabis semua selesai di bongkar,maka lakukan eksplorasi atas setiap anggota secara berurutan lagi sekaligus bersihkan anggota yang diperiksamenggunakan bensin yang bersih, catat anggota yang bejat dengan pisahkan atas bakyang berparak

5. lakukan koreksi ataupenggantian part yang rusak

6. kaum item part yang wajib diganti kalo Anda bongkar mesin merupakan ;

  • gasket kit A ( paking top babak )
  • gasket kit B ( paking full babak )
  • oil seal selah
  • oil seal alihan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter

7. pastika semua anggota mesinbersih, akibat KEBERSIHAN ADALAH FAKTORPENTING di jalan bongkar mesin,

8. lakukan jalan perakitan secara berurutan lagi lamun anti dari prosespembongkaran yaitu dari antara – daksina – tempat – kiri

9. sehabis semua mesin terpasang,jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter

10. lakukan eksplorasi kebocoranoli atas seua belahan blok – blok mesin

11. nggak ada yang bocor! Beresdech…!

Klo begini ongkos bongkar pasangmesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di pabrik resmi/ pabrik umum orbit harganya ; Rp. 150.000,-

Tapi inget, kudu pesimis dahulusebelum mencoba jagan ragu-ragu… 

 



Asslamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di darmawisata berbatas ke tujuan.

Menuntaskan esai bongkar mesin megapro, kali kita telah berbatas pada langkah terakhir yaitu melekang crankcase/bak mesin. Langkah ini sangat jarang dilakukan buat eksploitasi harian standar, akibat minim kerusakan. Kerusakan yang terjadi atas komponen2/part di crankcase lebih disebabkan bagi pengunaan yang tidak semestinya, apabila :

  1. Telat ganti oli, biasanya stang seher / connecting rod yang kena jua laher bandul, biasanya keduanya jadi oblag
  2. Upgrade prestasi yang ekstrim, sehingga stang seher patah
  3. Upgrade transmisi buat keperluan road race ataupun drag race
  4. Per kick-starter patah, biasanya sehabis turun mesin, cacat pasang
  5. Gigi transmisi rompal, agak-agak akibat engine brake yang berlebihan
  6. Bandul/crankshaft oleng, sama dengan no 2 ataupun akibat eksploitasi race.

Jadi andaikan mengalami cacat eka saja kejadian di atas, terpaksa kudu turun mesin dengan belah crankcase. Berikut langkah2 pembelahan crankcase.1. Lepas baut pengikat crankcase di belahan kanan



2. Lepas semua baut di belahan kiri, akhirnya tidurkan dengan belahan daksina di bawah



3. Belah crankcase dengan alat khusus, kalau tidak ada bisa menggunakan obeng kurang sebagai pengungkit, martil kecil buat mengetuk pelan dengan kayu sebagai perantara biar anggota tidk cacat akibat ketukan palu.



4. Dan inilah isi dari crankcase/bak mesin



5. Tromol pemindah bisa dicopot, dengan aturan melepas dahulu poros2 garpu pemindah/shift-fork, akhirnya independen shift-fork nya, dengan tromol pemindah/shift-drum bisa dicopot. Kemudian andaikan ingin melepaskan baham transmisi, sebaiknya berbareng antara main shaft dengan counter shaft.



Posisi dari baham transmisi beserta ring2-nya



6. Selanjutnya bandul bisa dicabut pelan, dengan aksi lurus terhadap poros bandul. Kalau bandul mau di cek keolengannya bisa mencontoh aturan ini. Letakkan belahan poros bandul atas pangkon/stand berbentuk “V”, pasang dial-gauge di ujung2 poros, akhirnya putar stang seher pelan2 dengan mengamati aksi jarum dial-guage.



Bandingkan biji keolengan dengan batas/toleransi maksimum yang tercantum di manual service. Jika sudah melebihi batas, bawa banduk ke tukang bubut buat mem-balance ulang. Jika laher2 dah aus, sekalian saja diganti.

7. Jika tidak ada masalah dengan poros kickstarter, nir- disentuh. Jika ingin membongkarnya perhatikan langkah2 bersama-sama ; Lepas baut stopper, lengan stopper di poros ajek dengan menggunakan obeng, hati2.



Lepaskan kaitan pegasnya di crankcase



Dan inilah penampilan poros kickstarter.



Kalau mau ngganti per yang patah, tinggal copot collarnya, copot kaitan per ke poros (ada lubang nya). Kemudian ganti dengan per baru dengan langkah sebaliknya.

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di darmawisata berbatas ke tujuan.

Belum selesai bongkar Pulsar 180 UG4, ketika berbatas atas pembongkaran bak kopling dengan bak magnetnya, kok malah terkenang dengan pengalaman membongkar engine/mesin honda mega memihak 160cc (mega memihak primus), akibat isi mesinnya mirip banget. Berbekal dengan pengalaman durasi ditambah dengan kaum literatur, hamba coba tuliskan pengalaman hamba tersebut dalam kaum esai bagian pembeberan mesin mega pro. Tahapnya ada 6, yaitu

  1. Mencopot semua yang menenpel di mesin
  2. Membongkar bak kopling
  3. Membongkar bak magnet/alternator
  4. Menurunkan Mesin
  5. Membongkar head dengan silinder
  6. Membongkar blok mesin /crankcase.

Sebelum melancarkan pembeberan sebaiknya dipersiapkan dulu, komponen2 yang mau diganti/dimodif, alat2/tools dengan bahan. Biasanya yang dipersiapkan adalah

  1. Tempat dengan waktu,  jelas kudu diluangkan, akibat bisa berlangsung lama. Apalagi bagi yang aktual coba2 (jangan bergidik mencoba, semuanya pasti ada jalan buat “bisa”, andaikan mau usaha)
  2. Motornya kudu ada, ya jelaslah.
  3. Part yang kudu disediakan, sil2 (untuk kick starter, gir, dengan versneling), packing-gasket (bak kopling, bak magnet, blok dll), sealent, oli baru, greese/stempet, bensin, sabun colek, serbet/kain-lap, tisu
  4. Kamera/hp, buat memotret setiap tahap, biar bisa digunakan buat membantu detik penempatan kembali. Bisa jua di-upload sebagai artikel
  5. Alat2/tools terdiri dari martil besi, martil karet, kunci sok (8,10,12,14,17 dengan 19), kunci pas, obeng + dengan – (kecil dengan besar), obeng ketok, tang buat membocorkan snap-ring, treker khusus lock-nut, treker magnet, dll.

Sebagai gambaran awal, bagian2 inilah yang akan kita bongkar

Melepas semua belahan yang melekat di mesin, seperti karbu, knalpot, footstep, kabel kopling, kawat speedometer, kick starter, cop busi, soket alternator, gir dengan rante, pedal versneling. Masih ada yang kurang nggak bro?

Blok mesin/crankcase dengan isinya (bandul/crankshaft dengan gir rasio transmisi).

Lumayan banyak, ya bro. Akan lamun nggak perlu berkecil jantung melihat banyaknya komponen2 tersebut. Nanti kalau sudah dipegang lengan gampang hapalnya. Ente semua lama2 bisa hapal semua komponen, seperti halnya mekanik handal. Mau tau ente sudah hapal segala apa belum ???…… Kalau sempat dipraktekkan ya, segala apa yang kudu dilakukan detik mekanaik mau lulus cobaan untuk eka motor (silahkan tanya sama insinyur yang pernah kursus mekanik).

Tahapannya kira2 begini :

  1. Calon insinyur diperintahkan buat menerbankan total sebuah mesin utuh berbatas pisah berai. Komponen yang paling kecil jua ikut dibongkar
  2. Semua anggota diaduk di wadah besar, dikocok2
  3. Kemudian calon insinyur diperintahkan buat merakit ulang, berbatas anggota di wadah habis, tidak boleh ada yang tertinggal
  4. Motor dinyalakan, bila berhasil, bahwa calon insinyur lulus buat motor tersebut. Kemudian pindah ke motor lainnya.

Sampai disini  bagian pengenalan dengan anju menerbankan mesin megapro. Mungkin tahap2, teknik dengan tip yang dilakukan bisa diaplikasikan buat menerbankan motor2 lain dengan basis mesin yang mirip, apabila honda gl series (100, 125, 200/tiger, new mega pro) , yamaha scorpio, byson, kawasaki binter mercy, klx 150, suzuki thunder 125, pulsar series (100, 125, 135, 180, 200, 220) dengan lain2.

Mohon maaf andaikan ada kesalahan dengan kekurangan, kepada suhu2 yang lebih ahli dengan bertambah kompeten minta pelurusan dengan masukannya. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan, berbatas ke tujuan.

Seperti yang telah dirinci tahapan2 pembeberan mesin megapro atas , bahwa bagian pertama yang kudu kita lakukan merupakan melepas semua komponen yang melekat di muka luar mesin jua kaum yang dari dalam. Mari kita berangkat melepaskan komponen2 tersebut.

1. Kosongkan oli di mesin, kalau sudah waktunya ganti ya sekalian dibuang, tetapi nir- sembarangan akibat bisa mencemari lingkungan. Sebaiknya ditampung diwadah bekas oli sebelumnya, agak-agak suatu detik bisa berguna, buat kita jua orang lain. Misalnya buat meng-oli kayu2 untuk internit dengan genteng, supaya bertambah ajek terhadapa kuman bubuk dan kumbang. Kalau masih bagus, dini baut tap dibuka, daerah sekitar baut tap dibersihkan dari tanah dengan debu, biar tidak masuk ke oli detik ditap. Langkah ini hampir sama ketika kita ingin merombak sendiri oli di rumah.

2. Copot knalpot dengan melepas semua mur dengan baut yang ada di mesin (2 buah) dengan di footstep belakang. Kendorkan dahulu mur yang ada di mesin, jangan dilepas, independen mur-baut yang ada di foostep dengan knalpot ditahan supaya tidak jatuh ke lantai. Sambil ditahan independen mur di mesin, keadaan ini bena dilakukan akibat biasanya knalpot motor sport berat, sehingga bisa menghindari kebinasaan drat di baut jua knalpotnya. Langkah ini sama ketika kita ingin merombak knalpot variasi ataupun high performance.



3. Copot karburator, dengan mengendorkan cincin pengunci di hose filter dengan melepas 2 baut ke mesin. Tapi lebih dahulu bisa dilakukan beberapa langkah lain yaitu

- Menutup kran bensin (OFF) akhirnya mencopotnya dengan bertambah dahulu menggeser cincin penjepit menggunakan tang kecil.



- Lepas menutup karbu



- Lepas menutup filter udara, akhirnya buka sekrup menutup tersebut, kendorkan cicin penjepit sengan menggunakan obeng +, memudian copot dari karbu. Langkah ini sama ketika kita ingin berbenah filter udara.



- Jika sekalian ingin menservis karbu, independen atasan karbu dengan memutar atasan karbu ke kidal

- Lepas kawat memompa mengambil akselerasi, dengan mengendorkan mur pengunci terlebih dahulu



- Lepas mur pengikat karbu ke mesin dengan copot karbu dari mesin, langkah ini sama ketika kita ingin merombak dengan karbu lain akibat tuntutan modifikasi mesin.



4. Copot kawat rpm/tachometer, dengan melepas baut pengunci terlebih dahulu, awas bautnya hilang/ketlisut !



5. Copot kawat kopling dengan mengendorkan mur setelan dengan mur pengunci



6. Lepas footstep ambang dengan melepas 4 baut di kolong mesin



7. Lepas pedal kickstarter, dengan melepas baut penguncinya



8. Copot konektor ke bak magnet



9. Copot pedal versneleng, dengan melepas baut penguncinya



10. Copot menutup gir ambang dengan melepas 2 baut ukuran 8. Kemudian copot gir ambang denga melepas dua baut dengan plat  pengunci/pemasangan nya, ajek ban belakang dengan menberi pengganjal. Ini jua melambangkan salah eka langkah ketika kita ingin merombak sproket babak lengkap (rantai, gir ambang dengan gir belakang).



11. Lepas lengan footstep belakang belahan kiri, andaikan dianggap merepotkan.



Apa ada yang masih kurang bro ??? …Kemudian bisa lanjut ke bagian selanjutnya, yaitu .

Demikan langkah pelepasan part2 yang melekat di mesin dini mesin dibongkar. Mohon maaf kalau ada cacat dengan kurangnya, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wR wB.

 



Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di darmawisata berbatas ke tujuan.

Setelah menyelesaikan , yaitu melepaskan semua part yang melekat di mesin, kita lanjutkan buat membongkar bak kopling. Seperti terlihat di gambar belahan tempat belahan bak kopling beserta isinya terbabit banyak, jadi kita kudu mempersiapkan kunci2 yang dibutuhkan dengan wadah khusus buat baut dengan mur, biar tidak “ketlisut”.

Mari kita berangkat menerbankan bak kopling, dengan kaum tahapan yaitu :

1. Lepas semua baut pengunci bak kopling, akhirnya copot bak dengan menarik keluar. Kalau sulit (lama tidak dibuka), diperlukan pengungkit pada cupingan2 yang sudah disediakan. Ungkit pelan2 dengan hati2, nir- sampai cupingannya pecah.

Penampakan bak kopling dari muka dalam, biasanya yang sulit terlepas merupakan atas bagian pin dowel. Gasket biasanya rusak, sedikit ataupun banyak, akibat itu siapkan sealant ataupun gasket baru.



2. Lepaskan 3 baut menutup filter sentrifugal, akhirnya copot tutupnya. Bandingkan dengan

3. Jika diperlukan, memompa mengambil oli jua bisa dilepas, dengan melepas 2 buah baut menggunakan obeng +. Jika sulit gunakan obeng ketok (impact driver) secara hati2.



4. Lepas lock nut (mur pengunci) di di filter sentrifugal dengan menggunakan treker khusus (kunci mahkota), putar ke-kiri buat membuka. Beri penahan antar gir reduksi primer dengan sesuatu yang kuat tetapi tidak membuat gir cacat.  Kalau dibengkel besar ada alat khus (gear holder), berwujud potongan gir/besi kecil.



5. Lepas cakram penekan/pengungkit kopling beserta per kopling dengan melepas 4 buah baut, minimal di 3 tahapan pengendoran. Langkah ini sama andaikan kita hanya ingin merombak per kopling yang bertambah kenyal, tanpa kudu melewati langkah 2-4.



6. Lepas lock-nut pengunci kediaman kopling dengan menggunakan kunci sok mahkota, sama seperti detik melepas lock-nut di filter sentrifugal

Penampakan sehabis kampas-palt kopling dicopot, berbatas langkah ini bisa digunakan ketika kita ingin merombak kampas kopling aftermarket yang bertambah baik dari std.



7. Tarik berbatas copot poros spindel pemindah baham keluar



8. Lepaskan bubungan (bintang) pemindah baham (terhubung dengan shift drum di crankcase), dengan melepas baut penunci.



Apa ada yang masih kurang bro ???

Demikan langkah pembeberan bak kopling dengan isinya. Mohon maaf kalau ada cacat dengan kurangnya, bagi suhu2 yang bertambah ahli dengan bertambah kompeten mohon pelurusan dengan masukannya. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wR wB.



Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di darmawisata sampaik ke tujuan.

Melengkapi bibliografi bongkar2 mesin megapro lebih dahulu [], kita lanjutkan menerbankan bak besi sembrani beserta isinya. Berikut langkah2nya :

1. Lepas bak megnet, dengan melepas semua baut pengunci dengan menggunakan kunci sok 8. Perhatikan ada baut yang berjarak dengan ada yang pendek, detik memakai kembali nir- berbatas tertukar, crankcase bisa jebol.

Biasanya atas belahan inilah (spul/stator) dilakukan modifikasi buat merubah pembubuhan dari half wave menjadi full wave.

2. Mengendorkan mut pengunci magnet, dengan menggunakan alat batu besi sembrani holder

Jika tidak ada besi sembrani holder, bisa menggunakan stud/baut berjarak buat menggajal. Tentukan belahan mesin/motor yang kuat menahan baut tersebut (misalnya footstep ataupun as swing arm), ajek atas belahan besi sembrani yang menonjol, pulser.

[Sumber : auto-champion.blogspot.com]

3. Copot besi sembrani dengan menggunakan treker/puller besi sembrani yang cocok (drat-nya beda2 antar motor)



4. Jangan berbatas terlalu dengan menyimpan spie magnet, akibat bentuknya kecil jadi memilukan hilang. Letakkan saja di besi sembrani biarkan menempel nempel.



Nah berbatas langkah ini, rante mesin/kamprat sudah kelihatan. Jadi bongkar bak besi sembrani dengan isinya jua melambangkan cacat eka langkah di mengganti rante kamprat, selain menerbankan head.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

], akhirnya belahan kiri, besi sembrani [2] dengan kanan, kopling [3] jua kita copot (untuk meringankan), bahwa tiba waktunya kita melepas mesin/engine dari sasisnya. Bagi yang tidak memegang mesin kerek/crane, menurunkan mesin dengan bobot yang cukup berat melambangkan suatu masalah tersendiri. Jika salah posisi, daging pinggang, punggung dengan pundak bisa “kecetit” keseleo.

Sebelum berangkat melepaskan mur-baut pengikat mesin ke sasis, ada baiknya diperhatikan lagi apakah masih ada bagian2 yang menempel di mesin yang nantinya akan menghalangi jalan penurunan mesin dari sasis. Kemudian kita kendorkan baut2 di mesin/crankcase dengan head silinder, mumpung mesin masih di pegang sasis, karena kalo sudah independen akan bertambah susah. Setelah itu aktual kita independen mur-baut pengikat mesin ke sasis, bersama-sama urutan2nya versi motogokil :

  1. Perhatikan gambar di tempat (judul artikel), yang dilepas pertama merupakan mur-baut + braket pengikat depan, bagian-A
  2. Kemudian lanjutkan buang mur-baut + braket pengikat atas, bagian-B
  3. Selanjutnya gunakan pangkon mesin, “dengklik” khusus buat menopang mesin. Hal ini bisa dilakukan akibat model ikanta sasis ke mesin model gantung, kalau model gendong (pulsar 180-200-220) tidak bisa.
  4. Kemudian independen mur-baut C dengan D
  5. Selanjutnya aktual independen mesin dengan hanya menggeser dengklik ke ambang dengan ke samping.

Contoh dingklik, bisa buat duduk jua bisa buat engine stand

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB



Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di darmawisata berbatas ke tujuan

Setalah kaum bagian pembeberan mesin megapro kita lakukan, berangkat dari , bahwa sampailah kita atas bagian pembeberan head/kepala dengan bumbung beserta isinya. Langkah2 pembeberan head merupakan sebagai berikut

A. Melepas tensioner/penegang rantai mesin/kamprat. Pada langkah ini kita bisa memeriksa kemampuan per tensioner, apakah mampu melecut stud-nya dengan baik ataupun sudah melemah.



B. Melepas 4 baut pengikat menutup head dengan 4 mur cocok sate. Hati2 pada 4 mur cocok sate terdapat cincin tembaga yang berfunsi sebagai sil agar oli mesin tidak rembes ke luar. Kemudian dilanjutkan dengan mencopot tutup/cover head, di menutup head tersebut terdapat rocker arm, dan bisa diperiksa apakah sudah mengalami aus yang berlebihan ataupun masih di aras toleransi.



C. Karena tensioner lebih dahulu sudah di lepas, bahwa kamprat sekarang jadi kendor, dengan noken-as bisa dicopot. Pada langkah ini nokenas bisa diganti dengan versi racing, andaikan diperlukan. Carannya dengan menjepit bubungan dengan menggunakan catok/ragum, akhirnya 2 baut pengikat girnya di lepas. Pada langkah ini juga, dilengkapi dengan langkah mem

D. Melepas baut pengikat head dengan silinder, sehabis itu head bisa langsung dicopot. Setelah head dicopot kita bisa memeriksa kondisi klep dengan kubah ruang bakar. Jika ingin memeriksa apakah klep bocor segala apa tidak, tinggal memberi bensin (busi tetap terpasang) akhirnya dari port in ataupun ex di bentakan angkasa dari kompresor, andaikan cabut gelembung2 udara berarti klep bocor, dengan sudah waktunya di-skur ulang.



Jika ingin melepas klep ada alat khusus buat melepas kuku2 penguncinya. Jika tidak ada bisa menggunakan kunci sok (bentuk Y) ukuran 14 yang ditekan ke retainer-nya sementara parasut klepnya diganjal dengan menggunakan baut yang terbungkus kain.

https://ff3d8e6495061f28a832-a7869bbdcfcea96a643a5d6aa79482f7.ssl.cf1.rackcdn.com/enlarged/08-0247.jpg

Kalau sudah independen kuku2 penguncinya, klep bisa dicopot. Hati2 andaikan kepala klep sudah “peyang” akibat terhantam rocker-arm, bahwa kudu dikikir sedikit, biar tidak menciderai bos-klep nya.

Untuk reparasi klep bisa berjarak ceritanya, kita lajutkan saja ke pembeberan silinder, langkah2nya adalah



A. Tarik ke tempat berbatas copot bumbung perlahan2, andaikan sulit akibat silnya kelet, sedikit dicongkel dengan menggunakan obeng kurang yang besar. Perhatikan dinding silinder, andaikan nggentong, ataupun terdapat baret yang dalam, bahwa sekalian saja dilakukan oversize.



B. Copor benang besi cir-clip pengganjal pin piston dengan menggunakan tang lancip.



C. Kemudian pin/pen piston didorong cabut dengan jari dari arah yang lain. Jika sulit, berarti alur cir-clip sudah melebar/lower sehingga memperkecil diameter lubang pin piston. Paksa saja dengan aturan mengganjal belahan lubang ruang keluarnya dengan melecut di lubang yang lain dengan menggunakan kunci sok 10 ataupun 12, dibantu mentrum lembut palu kecil. Dan langkah ini jua dilakukan detik kita ingin merombak piston, ring-piston ataupun oversize.

Sumber : http://motogokil.com/2014/02/15/diy-bongkar-mesin-megapro-belah-crankcaseblok-mesin-bagian-6-habis/


begitulah pembahasan perihal TURUN MESIN semoga artikel ini bermanfaat salam


Artikel ini diposting pada label , tanggal 11-11-2021, di kutip dari https://warungcakra.blogspot.com/2014/12/turun-mesin.html



Thus the article TURUN MESIN Sebab Belah Mesin

Finish the article TURUN MESIN Sebab Belah Mesin This time, hopefully can give benefits to you all. All right, see you in another article post.

You now read the article TURUN MESIN Sebab Belah Mesin With the link address https://bengkelkpm.blogspot.com/2021/11/turun-mesin-sebab-belah-mesin.html